Ajari Anak Kita Berdo’a Sedari Kecil, Biar Gedenya ……..


Sebagai ayah atau calon ayah. Selaku ibu dan calon ibu. Buat calon suami atau calon istri yang kelak merindukan hadirnya buah hati. Anak cucu keturunan yang sholeh-sholehah. Pernahkah kita meminta sama Allah anak keturunan yang sholeh-sholehah ? Kapan kita mintanya? Kapan kita berdo’anya? Kapan kita sungguh-sungguh me mohon? Jauh sebelumnya? 


 
Atau baru hari ini menjelang kelahiran anak kita? Atau setelah anak kita lahir? Saat anak kita balita ? anak-anak? Remaja? Atau baru berdo’a, baru meminta, baru memohon setelah anak kita beranjak dewasa atau malah sudah dewasa? Memang tidak ada yang tau, hanya Allah Yang Maha Kuasa yang menentukan segalanya. Termasuk kapan terkabulnya do’a. Ada yang tunai saat itu berdo’a saat itu pula Allah ngasi. Adapula yang taonan berdo’a, baru hari ini metik hasilnya.
Besok mau ujian sekolah, anak kita baru berdo’a malemnya. Besok mau daftar ke sekolah, malemnya baru berdo’a. Bingung mau kuliah kemana, baru malem berdo’anya. Besok  mau tes wawancara kerja, baru malemnya kita berdo’a. mau dapet istri yang cakep, do’anya baru tadi malem, mau suami yang cakep, baru minta tadi pagi, bagus nggak kita baru berdo’a pada saat seperti itu? Yaa bagus, masih sempet minta masih sempet berdo’a masih sempet ngarep, masih ada kereteg ati inget sama Allah, dari pada nggak sama sekalii. Loss gitu aja tanpa meminta Allah terlibat di dalamnya. Tapiiii…. Yaaa apa terus seperti itu kita? Apa setiap kita ada butuhnya aja kita “baru” ngadep ke Allah. Nggakk kan?? Seharusnya
Karena keterbasan kita akan rahasia Allah, maka alangkah patutnya kita memohon segala permintaan kita jauh-jauh hari. Sabab tadi belum tentu do’a kita langsung Allah jawab.
Kita berhusnudzon sama orang tua kita yang sedari kecil mengajari kita, mendidik kita mendo’akan kita agar menjadi anak yang sholeh. Termasuk di dalamnya orang tua kita mengajarkan kita untuk berdo’a sendiri. Sedari kecil. Ya kita berbaik sangka bahwa kita sedari kecil sudah diajari buat berdo’a. Mulai do’a sehari-hari ketika kita hendak tidur, bangun tidur, mau makan, setelah makan, mau masuk kamar mandi, keluar kamar mandi, bercermin, pake baju, mau pergi jalan-jalan dan sebagainnya. Tetapi setelah kita gede apa kita masih mendawamkan do’a-do’a tersebut? Barangkali kita sekarang sudah lupa do’anya seperti apa, yang lebih parahnya lagi kita lupa kepada yang ngasi kita makan pas mau makan, yang ngasi malem buat kita bisa tidur, yang ngasi kita umur buat bisa melihat mentari pagi. Astghfiruwllohal ‘adzim.. ketika udah gede malah kita menyepelekan do’a-do’a tersebut. Ketika udah gede kita jadi membandel. Bersyukurlah bagi kita yang sampai saat ini masih inget dan masih melakukan setiap langkah yang kita tuju dengan diawali DO’A, dan itu merupakan buah dari kerja keras orangtua kita semasa kita kecil hingga dewasa mendidik kita mengajarkan kita untuk terus mengawali segala aktivitas dengan DO’A.  
.
Kembali ke alinea awal. Buat para calon ayah dan ibu. Atau bahkan yang sudah menjadi ayah dan ibu. Calon suami atau istri pun belom? Sip. Gak usah berkecil hati. Inilah saatnya. Inilah kesempatan kita. Kita DO’A.
Balik ke figure ayah atau ibu. Selain kita sebagai para ayah ngajarin anak kita berbagai ilmu pengetahuan yang ada, ajarin juga anak kita sedari kecil untuk berdo’a.  Atau bahkan ketika anak kita sudah ngerti dan sudah mempunyai “keinginan” akan suatu hal. Bisa barang bisa juga cita-cita. Sebisa mungkin jangan dulu kita kasih dengan percuma. Bukan berarti kita pelit sama anak. Bukan juga berarti kita nggak sayang sama anak. Oia nih saya pernah baca, atau bahkan kita juga sering dengar kalimat begini “ gua dulu sebagai anak susah banget kalo lagi punya kepengen, kudu nunggu dulu, kudu sabar dulu, malah meskipun udah sabar adakalanya tetep kita ga dikasi apa yang kita minta sama ortu, ntar anak gua mah gak boleh gitu, pokoknya apa yang anak kita minta, kita kasih, apapun itu, gak boleh susah kayak gua dulu”. Kalimat seperti itu seolah-olah bener karena kita sebagai ayah gak mau nasib anak kita  seperti kita dulu. Susah buat dapet ini-itunya. Padahal justru didikan orang tua kita dulu itu yang bener. Ada pendidikan sabarnya. Ada pendidikan buat menghargai pemberian. Dan alangkah cakepnya bila waktu itu kita terlebih dulu diajarin meminta sama Allah apa yang kita minta sama orangtua kita dalam bentuk berdo’a. Apalagi kalo keadaannya lagi mendukung. Maksudnya? Iyaa apalagi kalo pas anak kita minta sesuatu, pas kebetulan kita lagi kosong,lagi nggak ada duit, atau yaa emang lagi gak bisa menuhin kepengennya anak,  Nah disitulah kesempatan  kita sebagai para ayah dan ibu untuk memulai mengajarkan anak kita untuk berdo’a. memulai mengenalkan Allah dari kecil. insyaAllah, Allah lah yang punya segalanya. Kalo kita udah ngajarin anak kita minta sama Allah dari kecil, ntar gedenya bisa kita bayangkan suksesnya kayak apa. Idupnya seperti apa. Apanan buah mah gimana tanemannya. Kalo Tanemannya dirawat dengan baik dari mulai memilih benih, udah jadi benih, tumbuh pasti berbuahnya juga bakal bagus. Kalo kata orang-orang tua kita mah, kalo kecilnya udah nurut mah, gampang dah ntar gedenya. Kagak usah diminta juga bakal nurut. Kalo udah dari kecilnya gampang berbagi, udah gedenya bakal kayak apa coba. Kalo kecilnya aja udah sopan-santun sama orang, pegimana ntar pas gedenya coba. Kalo kecilnya udah seneng bangun shubuh, gedenya gak ada cerita susah dibangunin. Kalo kecilnya udah dikenalin ada dhuha, udah gedenya mereka yang ngajarin adek-adeknya dhuha. Kalo kecilnya udah cakep gitu, udah bakal ketebak gedenya dah.
Yuk ajarin mulai dari sekarang. Betul gak ada kata terlambat untuk memulai. Kalo kata guru saya “udah jangan kebanyakan nanya dulu, sami’na wa ato’na” kerjain aja ntar juga tau, ntar sambil dikit-dikit cari ilmunya. Yang anaknya udah punya cita-cita missal pengen jadi dokter, jadi pilot, jadi pengusaha, jadi ustadz, jadi presiden, pengen sekolah di luar negeri, pengen kuliah di negeri orang, pengan nyantren di Mesir, pokonya buat yang udah punya kepengen atau yang belum punya, kita ajarin buat do’a, buat minta dari sekarang. Dari kecil. Biar pas udah gede tinggal metik hasilnya. Biar udah gede udah terbiasa minta sama Allah. Apa-apa ke Allah dulu. Allah lagi. Allah terus. Cakep

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sibejoo Portal Belajar Gratis : Nggak Ada Alesan Lagi Buat Males Belajar

Rahasia Benda yang Berputar

Filosofi Hidup ala (besaran) VEKTOR