satu dibagi nol = ....?



#catatan -5
#belajar.nulis

SATU DIBAGI NOL SAMA DENGAN ….
Sering yaa kita denger gini. “Ah gua mah pasrah aja dah mau pegimana juga, pasrah dah mau disita juga tuh rumah, pasrah dah mau naik pangkat atau nggak juga, pasrah dah gua mah mau nilai ujiannya jelek juga, pasrah dah gua mah mau bangkrut juga, bahkan kita bawa-bawa nama Allah, pasrah aja ah pegimana Allah aja hidup gua mah, dan masih banyak lagi sikap kepasrahan yang lainnya. Emang sih nggak ada yang salah sama kalimat di atas. Malah emang kita kudu pasrah sama Kehendak Allah mah, orang kita Cuma numpang di buminya Allah, yaa kita kudu ngikut apa yang Allah Kehendaki. Tapi ati-ati juga dengan kalimat seperti itu, bisa membuat kita malah tambah nggak yakin sama keMahaKuasaan Allah. Seolah-olah kita sudah berada pada kepasrahan yang bener, padahal bisa jadi itulah cara syaiton yang sangat halus membisikan pada kita agar kita terjerumus ke dalam jebakannya. Jadi pegimana dong kita seharusnya ? Terus…Apakah pasrah itu nggak bagus? Yap. Bisa bagus, bisa juga nggak cakep, malah bisa jadi bagus bangget. Cakep banget. Malah nih pasrah itu bisa tak terhingga nilai “kebaikannya” saking gedenya. Tapi Tergantung….
+   tergantung apa?
˗    yaa tergantung situ
+   kok tergantung ane??
˗    yaa iyaa. Terusin dulu yaaa
+   iyaa dahh
Kayaknya yaa ini mah yah, masih banyak dari kita yang salah menerjemahkan arti pasrah. Mungkin lebih tepatnya salah menempatkan sikap pasrah. Kadang belum juga belum kita melakukan sesuatu, udah bilang pasrah duluan mengenai apa yang ntar bakal terjadi. Padahal “proses”nya saja juga belum dijalanin udah bilang pasrah mengenai “hasil”. Pasrah seolah-olah diartikan sebagai  ketidakmampuan kita atau ketidakpercayaan diri sama kemampuan yang kita miliki.. Yang padahal sebenarnya kita juga belum tau kita mampu atau nggak. Malah kita duluan bilang pasrah (baca : nyerah). Sebenernya mah kalo itu tanggungjawab kita berarti Allah udah milih kita bahwa kita itu mampu untuk menjalankannya. Nah definisi inilah yang dikatakan pasrah nya nggak bagus, nggak bener malah yah. Ya soalnya belum juga dicoba, belum juga dikerjakan udah bilang pasrah. Kalo kata anak jaman sekarang mah “kalah sebelum bertanding”.
Lah terus kapan dong pasrah itu dikatakan bernilai baik/bagus atau tadi saking gede banget sampe pasrah itu bisa tak terhingga nilai kebaikannya ?
Inilah serunya belajar fisika, gak Cuma melulu belajar ilmu fisikanya yaahhh, saya bersyukur banget pas sekolah sampe kuliah saya bisa belajar sama guru-guru fisika saya, dosen-dosen saya (semoga semua guru-guru kita senantiasa berada dalam keberkahan dari ilmu yang diamalkannya aamiin). Banyak yang saya rekam atas ijin-Nya beberapa perkataan dari guru/dosen saya. Salahsatunya kata guru saya kepada murid-muridnya pada saat itu termasuk saya tentunya, beliau bilang begini. “saya ngajarin kamu fisika itu bukan berarti kamu kudu bisa fisika, bukan berarti pas ujian kamu bisa jawab soalnya, bukaaan, bukan itu sebenernya tujuan pembelajaran (baca:fisika) di sekolah itu”. Terus apa emang tujuannya kalo bukan itu (baca : bukan cuma itu) ? Mungkin temen-temen seperjuangan saya yang Alhamdulillah atas ijin-Nya termasuk saya dikasi kesempatan menjadi guru/pengajar fisika udah tau tujuan pembelajaran fisika yaa tentunya selain menunutaskan standar kompetensi lulusan peserta didik kita. Betul. Yang paling pertama dikemukakan dari tujuan pembelajaran fisika di sekolah itu kalimat sederhananya yakni “untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Esa” yang barangkali kalo di sekolah umum pake kata Tuhan. Poin keduanya juga masih seirama dengan point pertama, yakni “agar kita lebih menghargai alam semesta dan segala macam ciptaan-Nya”. Yaa kurang lebih seperti itu, untuk melengkapinya boleh kawan-kawan seperjuangan yang menyempurnakannya. Jadi maksud saya fisika itu deket banget hubungannya dengan Sang Pencipta karena ruang lingkup ilmu fisika berkenaan dengan semua bentuk ciptaan dan fenomenanya di pelajari di fisika. Jadi sebenernya bahkan semestinya setelah kita belajar fisika, kita harusnya “lebih” mendekat, “lebih” menghargai, “lebih” merasakan Kebesaran-Nya dibandingkan sebelum kita belajar fisika ini. Dan dari sekian banyak guru fisika yang pernah mengajar di kelas saya, tidak sedikit juga beliau-beliau menambahkan porsi ilmu agama dalam menu pembelajaran fisikanya. Asik.
Mundur dulu (ke belakang). Memori saya sekarang lagi berada di lorong waktu ketika saya dan kawan seperjuangan berada di ruang kuliah Termodinamika tepatnya ruang E-406 (gedung East lantai 4 FPMIPA UPI) bersama dosen kami Bapak Saeful Karim, M.Si. Beliau berparas penuh wibawa, seketika ruang kuliah menjadi sangat-sangat kondusif ketika beliau memasuki ruang kuliah (pada takut ditanya..hehe). Disini saya nggak bakal membahas isi materi kuliahnya tentang Termodinamika (dapet nilai C hehe), tapi saya akan sedikit mengutip perkataan beliau, mungkin kalo bahasa kekiniannya mah quote nya.
Apa emang yang beliau sampaikan ? Yap.

Filosofi “satu dibagi nol” atau (1/0)

Satu dibagi nol. Kalo kata orang matematika itu tidak terdefinisikan. Hasilnya guede buangett. Betul. Memang gede bangett , bahkan tak terhingga nilainya. Saking gedenyaa.. Kalkulator kita aja gak bakal bisa tuh jawab. Math Error begitu kata yang muncul pada layar kalkulator kita.
Terus apa hubungannya (1/0)  sama “pasrah” ?
Ada.
Ada banget hubungannya.
Kita boleh membaliknya. Maksudnya bisa kita artikan. (1/0) = pasrah
Atau sebaliknya. Pasrah = (1/0)
Artinyaaa… yang namanya pasrah itu berarti kita meng-nol-kan diri kita yang memang tak berdaya tak mempunyai daya upaya di hadapan Yang Maha Esa – Yang Maha Satu  yakni Allah Subhaanawllohu wa Ta’aala. Kalo kita udah meng-nol-kan diri kita di hadapan-Nya, udah memasrahkan segalanya hanya kepada Allah Yang Maha Satu, insyaAllah hasilnya juga bakalan tak terhingga, kalo di Al-Qur’an nya kalo Allah udah mau ngasih kebaikan maka Allah bakal kasih bukan lagi 10x lipat, bukan lagi 700x kali lipat, tapi Allah ngasi kita sampe bighoiri hisaab (tak terbatas) sesuai Kehendak-Nya. Allahu Akbar. Begitu baiknya Allah sama kita.
Kapan kita akan mendapatkan hasil yang bighoiri hisaab ? yaa tentunya setelah kita berusaha dulu sebaik-baiknya, sekuat-kuatnya, seumasksimal mungkin, dalam kita menjalani suatu proses menuju hasil yang akan kita capai. Baruuu setelah kita berusaha, berdo’a, selanjutnya kita pasrahkan hasilnya sama Allah Yang Maha Kuasa atas segalanya. Dan yang paling penting setelah kita “pasrah” adalah kita kudu baik sangka sama Allah. Apapun hasilnya. Barulah pasrah yang ini yang dikatakan bener. Kalo kata ust. Yusuf Mansur mah (Allah dulu, Allah lagi, Allah teruss). J

- wawlloohu a’lam -
-hertz_airways-






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sibejoo Portal Belajar Gratis : Nggak Ada Alesan Lagi Buat Males Belajar

Rahasia Benda yang Berputar

Filosofi Hidup ala (besaran) VEKTOR