FISIKA : Benda Jatuh Aja Diperhatiin, Apalagi KAMU



#Catatan-4
#belajar.nulis
FISIKA : Benda Jatuh Aja Diperhatiin, Apalagi KAMU

Fisika. Uuhhh. Horror. Susah. Banyak rumus. Gak ngerti-ngerti. Gurunya galak-galak (perasaan ganteng-ganteng deh bukan galak) hehe. Itulah sepercik sepenggal kata sebait kalimat yang banyak dilontarkan orang, bukan Cuma orang awam tapi banyak juga anak sekolahan yang menggambarkan fisika seperti itu. Sediiiih..hiks
Yap wajar aja banyak orang begitu, emang kenyataannya seperti itu fisika mah. Jangan percaya kalo ada orang yang bilang fisika itu gampang, fisika itu mudah bisa kok gak pake rumus juga, jangan. Sekali lagi jangan percaya. Meskipun yang bilang itu dari jurusan atau kuliahan fisika sampe es-es nya gak muat di kulkasnya ehh maksudnya di ijazahnya jangan percaya yaa. Begitupun juga ketika orang mengatakan pada kita fisika itu susah loh, fisika itu gurunya galak-galak (killer kalo kata anak jaman sekarang mah) padahal asa belum pernah denger gitu ada berita seorang guru fisika membunuh (kill) para siswanya. Belum, belum pernah ada tuh berita gitu. Pernyataan seperti itu datang hanya dari mulut orang yang ketika belajar fisika di sekolahnya emang dia mah gak pernah merhatiin gurunya, makanya dia gak bisa makanya dia bilang susah, padahal temen sekelasnya ada tuh yang bisa, ada tuh yang nilai ulangannya bagus, dia nya aja itu mah yang emang gak mau berusaha buat bisa. Bahayanya virus itu ditularkan ke adik-adik kelasnya melalui perantara udara sehingga apa yang dia utarakan apa yang dia deskipsikan tentang fisika itu yang (jelek-jeleknya aja,yang susah-susahnya aja menurut dia loh) maka kalo adik-adik kelasnya tidak mempunyai imun/daya tahan yang kebal terhadap virus tersebut ya dia bakal terjangkit penyakit yang sama tuh di kemudian hari. Dia bakal merasa lemes ketika ketemu jadwal fisika, bakal keringetan ketika guru fisika ucap salam masuk kelas, deg-degan kalo udah nyebutin nama takut disuruh maju ke depan, bakal merasa tersiksa seolah-olah bel disekolah itu rusak tidak berbunyi menunggu jam pelajaran fisika berakhir, dua jam pelajaran fisika serasa 2 tahun cahaya..hehe Itulah beberapa virus yang ditularkan dari para kakak kelas terhadap adik-adiknya. Malahan nih malahan. Belum juga adiknya masuk sekolah udah ditakut-takutin. Nah untuk generasi berikutnya untuk kakak kelasnya dulu nih jangan ampe kamu kamu menyebarkan virus tersebut lagi yaa,dan buat adik-adiknya harus punya imun yang kuat ya biar gak terjangkit virus mematikan ini. Karena kalo udah terjangkit siap siap mengalami gejala gejala yang kakak kelas kalian rasakan selama belajar fisiak. Fisika itu sebenanrya tidak sehoror yang banyak orang ceritakan kok,  Fisika itu boleh lah dikatakan sederhana tapi sederhana itu memang bukan berarti mudah ya. Don’t worry. Be heppii.
Mau ane kasi tau gak nih biar ketika lo belajar fisika ngerasa nyaman, ngerasa enjoiii, ngerasa gua banget nih pelajaran, ngerasa kangen sama jadwal fisika. Mau tau? Pantengin terus yaa tulisan ini. Hehehe
Sip.
Setelah banyak bercerita horror. Sekarang kita denger yuk cerita atau pengalaman dari orang-orang yang seneng sama fisika, yang gak bisa tidur kalo ada soal yang belum bisa dia seleseikan, yang kalo gak baca fisika seakan separuh jiwanya pergi seperti pada saat hp kamu lobet atau ketinggalan, yang yaa pokoknya physicholic banget dah, kalo kata orang sunda mah, pisika aing fisan, fisika gua bangget. Hehe
+   Cpetan atuh kasi tau, gimana ceritanya ?
˗    iya iyaa sabar dulu
+   Udah gak nahan nih dari tadi malah ngalor ngidul mulu
˗    naaahhh.. berarti kalo lo udah gak nahan, berarti itu pertanda baik, berarti lo udah mulai penasaran kan sama yang namanya fisika? Udah gak ngerasa horror lagi kan?
+   Mmmm..loh.. iyaa yaaa kog bisa yaa. Kayak dihipnotis aja. Kok saya bisa-bisanya ya jadi ngebet pengen tau tentang fisika
˗    berarti lo udah kena virus fisika, tapi virus ini bukan virus yang jahat tapi yang baik nih.. ocre. Simak yaa
Pernah gak kamu dapet nilai ujian di sekolah 100 ? ya ujian apa aja bukan fisika doang. Gimana perasaannya. Bangga atau malah Biasa saja ? yap betul kita kadang  ketika mendapat nilai sempurna saja kita merasa biasa aja gak ada istimewa-istimewanya, kenapa coba? Hasil nyontek? (itumah gak usah disebutin juga udah ngerti hehe) atau Cuma kebetulan aja dapet 100? Atau emang soalnya gampang? Bukan itu kayaknya yang membuat lo merasa gak istimewa ketika dapet seratus, penyebabnya adalah karena yang dapet nilai seratus bukan cuman lo doangan tapi temen lo juga ada yang dapet seratus bahkan semua temen sekelas lo dapet seratus. Hehe gak berasa kan nilai seratus itu? Gak ngefek kan sama kitanya juga? Gak greget dikitpun? Gak bakal juga kita dilirik sama temen sekelas, apalagi ngarep dilirik sama gebetan, wong semuanya dapet nilai sempurna…hehehe
Teruss, kapan atuh dikatakan istimewa atau kapan dikatakan lo berasa terbang ke langit ke-tujuh ketika dapet nilai seratus nilai sempurna ? kapan coba ? ada yang tau? Yapss betul sekali kamu. Ketika dari semua temen sekelas lo,cuman lo yang dapet nilai sempurna. Cuman lo yang dapet nilai seratus, temen lo yang lain nilainya hampir semua doremi, di her lagi. Beuh yang rangking 1 di kelas lo aja kayaknya makin mepet sama lo, la apalagi gebetan lo. Seneng kan? Ngebayanginnya aja lo udah cengar-cengir tuh, apalagi yang emang pernah ngalamin kayak gitu,.
+   Bentar-bentar kok kayaknya tau bangget sih sama apa yang ane fikirin
˗    mau tau kenapa. Yaa karena ane sendiri ngalamin momen momen seperti itu gan. Makanya ane jatuh hati sama yang namanya fisika. Dari situ ane pokoknya di saat mapel yang lain jeblok termasuk matematika, tapi buat fisika ane ngebet buat bisa, buat ngerti. Udah jatuh cinta mah pan apapun rela dikorbanin yaa.. Hehe
+   Uuuuhhh.. somboooong
˗    bukannya sombong, ya begini kan yang namanya memotivasi mah emang kudu mengebu-gebu, kudu di lebaykan dikit..hehe Liaat aja motivator-motivator top. Ada gitu ketika nyampein materi malah membuat pesertanya pesimis? Gak ada kan? Pasti peserta seminarnya merasa optimis tumbuh dan berkobar-kobar semangatnya setelah mendengar materinya. Begitu gan.
Oia Belajar fisika itu pilihan. Kenapa ane bilang pilihan. Karena emang lo kudu milih. Mau apa nggak?. Kebanyakan dari kita (siswa sekolahan) kenapa kayak yang benci sama fisika, kayak gak semangat belajar fisika. Kenapa coba alesannya ? salaaaahhh. Bukan itu alesannya.
+   Perasaan ane belum jawab kenapa-kenapanya deh, belum kasi tau alesannya apa. Udah maen tembak udah tau aja
˗    iyaa emang bukan itu semua yang menjadi alasannya anak sekolah males belajar fisika. Mau bilang lagi fisika itu sulit? Banyak rumus? Gurunya galak? Kan itu mah udah disebutin dari tadi juga kaliii. Makanya jangan motong mulu. Ikutin aja dulu
+   Hehe iyaa maaafff
Yap bukan itu semua yang bikin kebanyakan orang (anak sekolahan) males belajar fisika. Tapiii dirinya sendiri yang membuat kita gak mau bener-bener belajar fisika. Kamsudnya?maksudnya ? iyap Diri kita sendiri yang membuat kita nyaman dengan ketidakbisaan ketidaksukaan ketidakmauan untuk ngerti atau mempelajari fisika. Dan yang membuat kita seperti itu adalah karena hampir semua atau bahkan semua siswa tidak menyukai fisika, jadi pada saat yang lain “juga” gak suka, gak bisa, nilai ujiannya jeblok, gak ngerti-ngerti, itulah sebenarnya yang membuat kita merasa nyaman dengan keadaan ini. Merasa gak bersalah. Ah gapapa nilai jelek juga, ah gapapa gak ngerti juga, toh teman-teman juga sama gak pada ngerti, gak pada suka, ujian juga di ulang semua. Ketika kita punya banyak teman, atau ketika ada satu teman aja yang senasib dengan kita, mau itu nilai jelek atau sama-saam gak ngeti, disitu kita kadang merasa nyaman, merasa tenang, karena ada teman, gak Cuma kita sendiri yang menderita, pokoknya asal ada temennya. Bahkan semua teman senasib sama kita. Yaudah seolah-olah disanalah kita yang merasa bener, dengan entengnya kita bilang sama orang lain atau orang tua ketika ditanya kenapa nilai ujian fisika nya jelek? Kita dengan enteng “gurunya gak enakeun, gurunya gak ngerti kalo lagi nerangin” haduuuh.. padahal guru kita udah semaksimal mungkin dalam mengajar.. Astaghfirullah..Maafkan kami guruku.
Nah itulah sebenarnya yang menyebabkan kita berasa di zona “nyaman” yang sebenarnya bukan zona nyaman.
Cerita di atas bukan rekayasa penulis belaka, tapi kenyataan di lapangan seperti itu. Dan semua siswa juga mengakui dengan apa yang penulis paparkan tersebut. Kembali ke fisika yang ane bilang tadi sebuah pilihan. Nah paragraph yang di atas juga sebuah pilihan. Ane juga mau maparin nih pilihan yang satunya lagi tentunya yang berbeda dengan situasi di atas tadi.
Seharusnya nih, seharusnya kita bisa mengambil peluang, ngambil kesempatan dari keadaan yang ada di kelas kita. Maksudnya? Iya maksudnya di saat temen-temen kita gak pada suka fisika, pada susah ngerti fisika, pada males belajar fisika, disitu kita harusnya menjadi pribadi yang berbeda dong jangan malah ikut-ikutan masuk dalam himpunan temen kita. Seperti ane bilang ketika kita mendapat nilai sempurna atau menjadi seseorang dari sekian banyak temen kita, kita termasuk yang gampang ngerti pas belajar fisika, disitu kita akan merasa semangat belajar, akan semakin berusaha untuk bisa. Itu pulalah yang ane alami ketika sekolah dulu. Sedikit bercerita pengalaman ane pas skull yaa, gapapa kan? Hehe
Sip
Kita kan kenal fisika itu pas awal masuk di kelas 1 SMP yaa. IPA itu kan dibagi dua belajarnya, dulu mah Cuma fisika sama biologi, karena kimia baru dapet ntar di SMA. Saya masih inget pertanyaan guru fisika kelas satu saya, pak Zaenal namanya (apa kabar beliau ya, smoga senantiasa ada dalam lindungan dan rahmah Allah, dan tentunya untuk guru kita semua aamiin). Jadi begini, setelah beberapa pertemuan atau beberapa bulan ane duduk di kelas satu. Beliau mengajukan pertanyaan. Apa pertanyaannya. Begini kata beliau. “gampangan mana, belajar fisika atau biologi ?” udah ane duga juga, jawaban dari sekelas itu dengan serentak menjawab biologi paaaaakk”. Termasuk ane. Dan emang pas awal-awal belajar biologi emang ngerasa gampang juga asik. Tapi guru saya itu bilang. “emang biologi awal-awalnya enak, tapi ntar kedepannya kamu bakal ketemu banyak bahasa langit (bahasa latin) maksudnya, justru fisika kata beliau yang gampang tuh, makin kesana ntar makin gampang. Ya barangkali gampang itu menurut beliau orang yang ngajar fisika, pasti bilang gampang fisika. Atau emang barangkali cara beliau memotivasi kami dalam belajar fisika salahsatunya dengan bilang begitu. Dari secarik pertanyaan guru saya tersebut, saya juga sempat berpikir, iya juga kali yaa, ntar malah biologi yang makin susah. Dan ternyataaa, mungkin ini Cuma ane yang ngalamin, yang ane alamin beda sama teman-teman sekelas ane. Ane ngerasa udah mulai menyukai fisika dan emang beneran jadi gak suka biologi (apalagi cerita ane di SMA, biologi sama guru ane kalo belum dapet nilai tujuh, terus2an di her, padahal soalnya itu-itu aja tapi tetep ampe tiga kali her baru dapet nilai 7 nilai paling bawah dari teman yang lain dan itu juga barangkali nilai kasihsayang dari guru kita kasian udah her 3kali..hehe) Daaan puncaknya ..caeilee ..maksudnya saya bener bener jatuh hati sama fisika itu ketika saya duduk di kelas 2 smp. Masih inget saya waktu itu lagi belajar cermin cekung-cembung. Kan ada itungannya tuh yang nyari jarak fokus, jarak bayangan kayak gitu. Kalo nilainya positif berarti sifatnya nyata, kalo nilainya negative sifatnya maya (yang gak ngerti itu apa maksudnya gapapa lanjut aja bacanya ya hihi), Naah kan disana ada yang itungannya juga yang kudu nyamain penyebut yahh.. sebagian besar temen saya masih pada bingung Cuma beberapa aja yang bisa termasuk saya nih hehe. Dari situ saya ngerasa special merasa se-level sama yang ranking satu dua kalo pas fisika yah, tetep pas mata pelajaran lainnya ane masih lemah, tapi saya di SMP gak jauh-jauh dari 5 besar kalo gak salah mah,,hehe
Iya bener dari situ saya mulai suka banget fisika, maksudnya berusaha buat bisa disaat temen-temen saya gak pada bisa. Ada cerita juga nih dari yang ranking satu pas kelas 3 SMP, ketika itu ulangan fisika dan nilainya kemudian keluar, ternyata ada dari beberapa soal fisika, Cuma ane doang yang bisa jawab soal nomor itu, yang lain pada gak bisa pada salah semua termasuk yang ranking satu (yang rangking 1 di kelas itu perempuan ya xixix) terus??? Maksudnya?? Mau cerita sombong lagi gitu?? Mau cerita ditaksir sama tu cewek gitu? Bukann bukan begitu maksudnya, jadi yang ranking satu aja ketika belajar fisika mah kadang masih kalah semangat kalo dibandingkan dia belajar matematika. Jadi yang ranking 1 aja masih mau nanya sama kita , kalo kita bisa fisika meskipun matematikanya ane pas-pasan lah kalo gak dibilang jeblok mah atau maple yang lain biasa2 aja, tapi kalo pas fisika mah, pada ngerubungin kita tuh kalo kitanya bisa mah. Hihi
Nah, dari uraian di atas, sebenernya ane Cuma mau ngasi motivasi aja, jadiin situasi dimana di saat temen-temen lo hampir semua gak menyukai fisika, susah buat ngerti fisika, males belajar fisika, nah lo ambil tuh kesempatan buat nunjukin jati diri lo, buat lo menjadi pusat perhatian di kelas. Ntah itu sama temen lo atau sama guru fisika atau guru mapel yang lain. Pasti keliatan kok kalo lo menonjol di satu mapel juga apalagi fisika, fisika asik dah pokoknya. Oia nih orang fisika itu paling banyak dicari, paling banyak diincer sama para pencari jodoh, tau gak kenapa? Yap. Betul. Orang fisika mah yah “benda jatoh aja diperhatiin, apalagi kamu”. Wkwk (gombalan buat istri lo atau suami lo ntar).hehehe…
Ocre
Its time to say : I love physic
See next

-hertz_airways-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sibejoo Portal Belajar Gratis : Nggak Ada Alesan Lagi Buat Males Belajar

Rahasia Benda yang Berputar

Filosofi Hidup ala (besaran) VEKTOR