Tips Jawab Soal Fisika ala Bang Elmoo hertz

Sebagain anak didik kita merasa kesulitan ketika menghadapi soal fisika. 


Berikut ini beberapa tips sederhana atau langkah-langkah ketika kita hendak menjawab soal fisika.
  1. Tentunya kita harus membaca soalnya terlebih dahulu. Tapi bacanya gak usah ngebut. Kalem aja. Biar kita bisa dapet inti cerita soalnya. (kalo perlu baca aja terus ntar juga waktunya habis hehe)
  2. Kita perhatikan kalimat-kalimat inti dari soal tersebut. Perhatikan juga data atau angka yang ada di soal. Buat pemula lebih baik ketika nemu angka tulis apa yang di ketahui biar ntar kita hafal dengan sendirinya besaran-besaran fisika.
  3. Dan biasanya ketika kita menuliskan apa yang diketahui soal, maka dengan sendirinya pula kita bakal dibawa ke rumus yang hendak kita gunakan. Atau mempermudah kita dalam menentukan rumus yang akan kita pake.
  4. Sebelum menjawab, kadang ada beberapa soal fisika yang memerlukan gambar ilustrasi biar membantu kita dalam menjawab soal. Misalnya ketika soal tentang vector, gaya, dan sebagainya yang memerlukan adanya gambar. (jadi lo kudu melukiskan garis-garis gayanya).
  5. Nah baru sekarang jawab soalnya. Ketika berlatih usahakan jangan dulu melihat catatan atau rumus. Kita kerjakan dulu. Baru ketika mentok kita liat dikit catetan. (dikit-dikit aja liat contekannya, nyonteknya beradab yaa namanya juga kan lagi latihan, kalo lagi ujian jangan sekali-kali nyontek, ada Malaikat tuh)
  6. Dan hati-hati. Kebanyakan pembuat soal fisika itu selain bermain di rumus, biasanya mereka bermain di satuan (satuannya kudu kita ubah dulu ke SI misalnya), atau ketika kita udah melakukan itu, belum berakhir juga tuh jebakannya. Apalagi kalo udah bicara resultan, atau bicara hasil yang mempunyai arah, dijumlah ada, dikali ada, dibagi ada, dikuadratkan ada, di akar juga ada jawabannya. Jadi jangan sekali-kali memainkan angka di soal, karena jawabannya pasti disedikakan di options nya..hehehe
  7. Hati-hati dalam menghitung aljabar yang mudah, biasanya justru kita salahnya disitu 
  8. tulisan kudu rapi kalo soalnya essai karena (yang nyontek ntar bingung..haha), nggak maksudnya yang meriksanya ntar bingung liat tulisannya.
  9. Oke selamat mencoba yaa kawan, semoga tidak tersesat






Sumber gambar : https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjizIGloe7SAhUDK48KHT8tDLMQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fwww.freeiconspng.com%2Ffree-images%2Ftips-png-38035&psig=AFQjCNF10nqADQLlJ54DHnZFBBS0GyonjA&ust=1490414511644506

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sibejoo Portal Belajar Gratis : Nggak Ada Alesan Lagi Buat Males Belajar

Rahasia Benda yang Berputar

Filosofi Hidup ala (besaran) VEKTOR