Nasihat dari Bapa (kakek saya) : Mulia itu ……..

Pada tulisan kali ini saya sedikit berbagi cerita atau obrolan saya sama kakek saya (saya manggilnya Bapa) kalo saya lagi pulang ke rumah. Kan saya sementara sekarang ini lagi tinggal di Bandung, nah tiap kurang lebih sebulan sekali saya nyempetin pulang ke rumah orang tua saya di Majalengka. Ya meskipun hari ini pulang, besoknya balik lagi ke Bandung, insyaAllah buat saya sangat bermakna, sangat membantu saya menemukan kembali semangat, re-charge bahasanya mah. Tentunya apalagi kalo bukan saya kepengen ketemu sama mereka (ibu/bpk, emak/bpk, sodara2 yang lainnya, tetangga, dll), pengen curhat sama mereka, pengen berbagi sama mereka, pengennya bisa muliain mereka (ntah itu dari waktu, rejeki atau amal sholeh), dan tentunya pengen minta selalu didoain sama mereka ya meskipun kita pada tau, gak dimintain juga mereka mah pasti mendo’akan buat anak/cucunya mah. Ya biar pol gitu kan, biar kita juga jelas mau minta dido’ain apa sama mereka, makanya saya suka  sedih kalo lebih dari sebulan gak pulang teh, asa ada yang ngeganjel, meskipun mereka suka bilang sama saya gapapa kalo lagi  sibuk mah, gapapa kalo lagi dines mah (dines disini ya berarti emang lagi ga ada liburnya). Ya saya Alhamdulillah dikasi kerjaan sama Allah yang saya gak bisa seenaknya ijin gak masuk kerja, ini berkenaan dengan jenis kerjaan saya yaitu mengajar (saya lebih enak bilangnya bukan mengajar tapi ngamalin ilmu). Jadi kalo saya ijin gak masuk ngajar baru bisa diijinin kalo ada pengajar pengganti jadwal saya ngajar, jadi kalo gak ada yang gantiin, ya gak bisa ijin, kecuali kita emang ada keperluan yang urgen. 

Berikut petikan dari obrolan saya sama kakek saya, nasihat ini yang selalu diingetin tiap kali saya pulang, tiap kali saya ngobrol sama Bapa. Tentunya pake bahasa sunda, tapi saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, mudah-mudahan mendekati. Dan semoga bisa bermanfaat juga buat yang baca. Aamiin…

“Nak. Mulia itu bukan dilihat dari pakaian yang kita pake. Memang bener, orang itu  ngeliat kita salah satunya dari pakaian yang kita pake, cuma bukan berarti kita pake pakaian bagus lantas orang-orang memuliakan kita. Tapi bukan juga berarti kita tak memperhatikan penampilan kita, kita harus memakai pakaian yang bagus (bahkan yang terbaik) jika kita mau ngadep sama Yang Punya Jagat ini. Bolehlah pakaian yang kita pake gak harus bagus, yang penting rapi, sopan atau disesuaikan dengan tempatnya.
Yang kedua, Kita mulia. Bukan juga dari ilmu yang kita miliki. Kita gak boleh tinggi hati sabab ilmu yang kita punya, jangan sampe nyakitin hati orang dengan keilmuan kita, jangan sombong, jangan nyinyir sama orang yang belum tau, terus jangan sampe dengan keilmuan kita malah mematahkan semangat orang yang sedang memulai belajar, malah dengan keilmuan kita , kita kudu arif, kudu ngasih motivasi, jangan sebaliknya. Tempatkan diri kita dimana kita berada. Jangan juga karena keilmuan (maksud bapa mah gelar) yang kita miliki kita memilah-milah orang dalam bersilaturrahim, terus jangan sampe kita enggan berteman lagi sama teman sekampung. Kita kudu tetep bergaul sama temen kecil kita. Jangan sampe temen kita jadi segan, jangan sampe dengan gelar kita, kita jadi sombong ntar malah justru kita gak dihargai sama orang. Kakek saya juga nyontohin, banyak tuh di kampung kita juga orang yang pinter, tapi bukannya mulia (baca : dihormati), malah sebagian dari masyarakat kita gak pada menghargainya. Begitu juga di negeri kita, banyak yang pinter, gak sedikit juga dari mereka yang menyalahgunakan keilmuannya.
A : terus yang bikin kita mulia itu apa Pa?
B : Yang membuat kita dihormati atau dihargai (kalo bahasa kakek sayanya mah dimuliakeun) sama orang lain itu tidak lain adalah Sikap atau Perilaku kita.
A : Maksudnya ?
Iyaa… Kita kudu hormat sama orang-orang yang lebih tua dari kita, ntah itu sikap kita atau lisan kita, malah kalo bisa ketika kita bersalaman sebaiknya dicium itu tangan orang yang lebih tua dari kita tersebut. Yang ramah sama yang lebih muda. Terus..Kalo punya rejeki, liat-liat saudara di sekeliling kita, bagi sama mereka. Jangan pelit. Kira-kira kita punya rejeki mah, ada yang minta-minta atau sekedar melihat orang yang kayaknya butuh banget bantuan kita, kita kasih aja. Dikit atau banyak insyaAllah yang nerima pasti seneng, malah justru yang seneng banget itu sebenernya kita, sabab melihat mereka yang kita kasi begitu gembira. Kalo lagi jalan trus melewati sekurumunan orang apalagi itu orang yang lebih tua dari kita, agar mengucapkan salam/permisi atau senyum, jangan sampe lempeng. Jangan belagu jangan sombong sama yang kita punya, nanti orang di sekitar gak bakal seneng sama kita. Jadi singkat ceritanya mah kalo kita pengen diperlakukan baik sama orang lain, perilaku kita juga kudu baik sama orang , yaa Nak.”

Dan tiap saya pamitan (mau balik ke Bandung ) sama Bapa, beliau selalu berpesan begitu, dan tidak lupa mendo’akan saya, sambil ngelus saya punya pundak ( netes air mata saya membayangkannya), beliau bilang : Yang bageur (baik) yaa di sana, cageur (sehat), muga digampangkeun rejekina nu barokah, sering-sering tengokin Bapa yaa…

Yaa Allah kasi saya umur yang panjang, waktu yang lapang, rejeki yang barokah, ilmu yang manfaat, biar saya bisa memuliakan mereka-mereka yang selalu mendo’akan saya.. aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sibejoo Portal Belajar Gratis : Nggak Ada Alesan Lagi Buat Males Belajar

Rahasia Benda yang Berputar

Filosofi Hidup ala (besaran) VEKTOR